Adsalo

Sejarah Perkembangan Mercedes Benz E Class (Episode 1)

Ini adalah model mercedes benz terlaris di dunia, karena tercatat lebih dari 13 juta unit terjual di dunia hingga tahun 2016. Suatu sedan eksekutif yang menurut gue gak terlalu kecil, sedeng lah. Inilah mercedes benz E (khlas). Ya, rival nya adalah bmw seri 5.




Generasi Pertama

Mercedes Benz W120 (1953)

atau sering disebut Ponton/Kentang. Mobil ini sangat susah dicari & sangat langka, jadi gue gabisa ngasih pendapat tentang Ponton ini.






Generasi Kedua 

Mercedes Benz W110 (1961)

 Mobil ini mirip banget sama mercy S class (batman) nya, bedanya cuma di lampu depannya aja. Dsini juga gue gabisa ngasih pendapat tentang mercy yang generasi kedua ini, karena belum pernah nyobain mobilnya.

W110

W111 Coupe

Generasi Ketiga

Mercedes Benz W115 (1968-1976)

Mobil ini kalo di indonesia julukannya adalah mercy mini, karena mungkin S class nya itu sebutannya adalah kebo jadi untuk W115 ini lebih kecil maka disebut mini. Sebenerny gw agak gasuka sama modelnya, karena pada jaman itu semua model lampu mobil udah datar sedangkan mercy mini ini masih berdiri. Keliatan tua banget & kurang mewah di jamannya. Tapi mobil kalo mau jadi klasik itu butuh waktu, ada yang cepet & ada yang lama. Ada yang jadi tua, antik, bagus & menarik tapi ada juga yang ga bagus" amat & gak menarik" amat.
Yang tadinya gue gasuka sama modelnya, tapi di 2019 akhir ini, gue liat" lagi modelnya ternyata klasik & menarik, mercy ini belum injection ya bor, masih karburatur. 2000cc 4 silinder segaris. Transmisi manual 4 speed. Kenceng di jamannya ya bor, kalo untuk sekarang sih jangan di tanya lagi.

Duduk belakangnya itu menurut gue cukup enak, untuk orang jaman dulu.
Orang desain interior jaman dulu mungkin belum bisa nemu posisi yang pas menurut gue. Dan seekor mini ini gak ada headrest di kursi belakangnya, jadi kalo lu tidur di kursi belakang. Pasti pas bangun langsung ngerasa pegel-pegel di kepala bor. Untuk kursi depan nya ada headrest yang nyaman, bentuk headrest nya itu kaya rumah gadang bor, dan untuk jaman dulu, fungsi headrest itu untuk kenyamanan  bukan untuk safety bor.

Untuk suspensinya gak terlalu nyaman kaya mercy kebo S classnya, karena ini kan E (khlas) nya, tapi menurut gue sih udah cukup nyaman lah.Untuk radius puternya lumayan luas juga bor, koplingnya sih enteng, kata orang kan kalo mercy tua itu kopling nya keras-keras. Tapi kenyataannya engga juga bor, tergantung perawatan dari ownernya. Rasa bangga waktu make mobil ini di jalanan & nyamannya juga dapet, lu bisa parkirin vallet waktu di mall" bor, pasti banyak yang liatin mobil ini dah.

Generasi Keempat

Mercedes Benz W123 (1976-1985) orang indonesia biasa nyebutnya Mercy Tiger.


280 E yang artinya 2800cc Injection bor ets ini Injection nya Mercy jaman dulu, Mekanikal pake fuel distributor untuk meregulasi bensin yang masuk ke mesin. Mesin ini kenceng pada jamannya ya bor.

 Untuk segi interior lebih bagus dari generasi sebelumnya, di generasi ini Mercedes mulai ngenalin lubang ac yang bentuknya bulat. Duduk belakangnya lumayan enak tapi belum bisa dibilang lega. Headrest nya udah gak kaya rumah gadang lagi bor.
Dari segi bangku depannya, taulah jok khas Mercy pasti ada pernya, ngebantu guncangan waktu lewat jalan yang kurang bagus. Stirnya masih lumayan gede bor & tanpa power steering. Btw mobil ini yang paling serius di garap ketimbang E (khlas) lainnya.




Generasi Kelima

Mercedes Benz W124 (1985-1996) akrab disapa Mercy Boxer, kemudian ada faceliftnya yang di kasih nama Masterpiece. 



Ini adalah Mercedes Benz termewah yang bisa dibeli orang kaya jaman dulu, karena Eagle ( S classnya) gak di jual bebas di indonesia bor. Orang yang masih pegang mobil ini tangan pertama, bisa dibilang dia berarti orang kaya lama bor. 



Waktu facelift ada perubahan nama di Mercedes, ada yang bilang E nya dari belakang pindah ke depan, ya emang pindah & artinya pun beda. Kalo dulu E yang di belakang artinya Fuel Injection, waktu E nya pindah ke depan artinya E class. Bedanya lagi yaitu di grill, kalo yang masterpiece bingkainya terusan dari kap mesin. Bentuk dari masterpiece lumayan bagus, cuma ada keanehan di spionnya yaitu beda sebelah, di bagian passenger seat lebih untuk menjangkau kebawah, di driver seat untuk menjangkau lebarnya.



E220 ini bermesin 2200cc sesuai namanya, 4 silinder segaris automatic tranmisi. Bagasi nya juga cukup luas karena orang kaya jaman dulu butuh keluasan bagasi, alphard kan belum ada bor. Untuk jok belakangnya juga lebih baik dari mercy tiger. Posisi duduk nyetirnya lebih enak dari tiger, stirnya juga agak kecilan bor. Oh iya, untuk harga spare part nya juga lebih murah, mobil ini juga tahan banting bor, bisa berasa jadi orang kaya jaman dulu. 

No comments

adsterra

Powered by Blogger.