Adsalo

BMW E34 520i BBS (Bener Bener Susah) Part 1

 Setelah sekian lama mencari... mencari... dan mencari...

Akhirnya didapatilah sebuah mobil BMW 520i 1990 E34 dengan tipe mesin M20B20...

Kenapa seri 5???
Kenapa E34? Kenapa ga E39?? E60??
Kenapa M20? Kenapa ga M50 or M60???

Jawabannya cuma 1.. yaitu murahh.... tapi kalau mau tau detailnya mengenai mesin2 bmw tipe lawas yang cocok buat om2 yang mau meminang bmw era ini... monggo cek di thread terbaru saya aja ya yang e32

Ya.. mobil ini memang ane dapatkan sangat sangat sangat murah.. bahkan hanya seharga 1 unit H*nda B*at 2013 yang ane jual demi beli mobil ini.

Ok.. saya mau berbagi aja nih berhubung masih anget2...

Singkat cerita dulu ane memang sempet pegang E30, E34, E39, Pug 307 Sporty (disaster) dan w124. Ternyata yang namanya roda perekonomian terkadang di atas dan kadang di bawah terpaksa dijual satu persatu sampai akhirnya ludes semua. Setelah perekonomian kembali pulih dan kondisi anak udah 3 bini udah 1.. ehh??? memang perlu sebuah mobil. Dan untuk yang kali ini... ane putuskan untuk pake mobil ini sampai selama mungkin, dan bertekad untuk ga di aneh2in. All back to oem and thats it.

Well lanjutttss.....

Sekitar awal bulan Agustus, buka iklan online, search BMW E34 dengan harga 20 juta rupiah. Lokasi lumayan jauh, call seller dan doi bilang barang masih ada, harga bisa cincai. Sore
Langsung sampai ke TKP dan ketemu sama yang punya langsung cek unit. Kondisi lumayan prihatin bagian luar dan beberapa penjelasan dari si yang punya minusnya antara lain..

- Kompresor Ac Mati
- Idle goyang
- Asap ngebul hitam dan pedas
- Kaki2 hancur
- Cat kusam dan ada beberapa rust, kap mesin sama grill juga udah ga sesuai sama kodratnya
- Power steering ga aktif
- Velg ga OEM
- Bumper pecah2 tapi full ori
- PW, audio, CL modar, ac kabin brisik, dan sempet beberapa kali suhu tinggi
- Pajak telat 2 tahun dan STNK Hilang so harus Balik Nama
- Jenggot bumper pake LED Daylight Running aftermarket which is bener2 bukan kodratnya
- Interior dipenuhi stiker2 dan boneka2 serta pajangan memenuhi kaca belakang dan bangku belakang
- Dome Light diganti LED dan dipasang 3rd Brake Lamp ala2 F1
- Wiper berkelir gold

TAPI... ada beberapa nilai plus yang saya perhatikan antara lain
- Mesin halus, no rembes
- Interior Original dan rapih rapet presisi no pecah2
- Tool Kit lumayan komplit
- Lampu2 dari depan sampe belakang termasuk interior nyala semua
- Pas ane bilas bagian kap mesin seadanya ternyata masih ori dan kaleng cuma rada baret2 dan jamurnya ga nahan
- Kabel2 masih rapih no jumper2an

Berikut penampakan pas di rumahnya :





DAN!!!! Akhirnya dengan berat hati... ane sebutlah angka yang sangat2 jauh di bawah harga 20 juta tadi alias 8 juta rupiah (tega ga tega sih tapi gimana). Si owner keliatan agak kecewa dan menolak dengan halus tawaran ane, dia minta tambahin dikit tapi jujur untuk kondisi kaya begini ane belum berani...

Keesokan harinya ane lagi siap2 mau liat lagi unit di area Bekasi, baru banget mau berangkat tiba2 bini ane manggil dan ternyata si owner BMW kemarin nelfon dan ajak ketemuan di ATM terdekat. Setelah ane ketemuin, dia sepakat lepas mobilnya asal ane mau nambahin 2 juta dari penawaran ane sebelumnya. Ane pun setuju tapi setelah test drive. Pas ane test, ternyata lumayan enak walaupun kondisi rem dan kopling rada lengket tapi kok di hati terasa nyaman ya, mungkin kalau agan2 udah ketakutan duluan liat mobil ini, nawar juga ogah walaupun murah. Tapi ya udah lah akhirnya setelah test drive ane setuju untuk nambahin 1 juta rupiah dari penawaran pertama ane dan itupun dia harus nunggu karena ane harus jual dulu motor ane. Doi sepakat dan ane kasi DP 50 persen. Pulang langsung posting iklan motor dan ga sampe 1 jam motor ane laku gaaaaan hehehehehe. So ane kontek si owner, cek dokumen dsbg, lunasi pembayaran dan akhirnya ane bawa pulang...

Sampai dirumah, ane taro mobil di carport, ane pandangin terus nih mobil. Ane cuci dan emang catnya lumayan kinclong sih. Cuma ane bingung aja nyari2 di google ga ketemu apa kode dan nama warnanya ini. Sambil nikmati kopi ma rokok ane pandangin terus velg BBS yang nempel di mobil ini. Penasaran.. apa iya ini BBS RS ori? Karena ga mungkin banget dapet mobil plus velg ori dengan harga yang dibawah 10 juta... so ane buka center cap dan voila!!!!






Berikut foto2 pas dibengkel, kondisi velg belum di bawa..



Dan ini velg oemnya dah sampe.. tinggal nggu yang serep..


Setelah mobil beres dari bengkel, kondisi sangat jauh berbeda dan bensin irit buangeeett, ac dingin, heater masih berfungsi, tarikan enak dan haluuuus banget. Ane bawa ke toko audio, ganti pakai Rodek 2 way untuk didepan (copotan e34 yang dulu) skalian pasang speaker Denon 2 way (beli bekas) juga untuk dibelakang dan sekarang makin sayang sama ini BMW tua. Entah knapa dari awal beli sampai sekarang semua berjalan lancar tanpa hambatan dan ga bikin pusing. Biaya servis minim so sisa uang bisa buat nyenengi anak2 dan jalan2 naik mobil ini tanpa was2.
Seminggu setelahnya ane bawa ke tukang cat untuk rapihin bumper dan ini foto kondisi terakhir..


Sambil berbenah perintilan2 yang dibayar seikhlasnya... niat ane setelah ini mobil akan ane poles sendiri di rumah, udah pesen Rotary Polisher dan beli bahan2nya semua cheapskate aja, setelah itu pasang velg oem dan sementara akan tetap bermain oem sambil nabung lagi untuk bikin perfect kaki2. Jujur walaupun mobil ini kaki2 masih kurang enak tapi tetep fun bawanya apalagi kalau jalan2 sama family...
Mohon doanya yah suhu2, enthusiast agar ane bisa balikin lagi si tua bangka ini jadi kembali ke masa jayanya dulu

Wishlist :
* Kap Mesin Prefacelift
* Kidney Grill Prefacelift
* Amber Hella Turn Signal Lamp + Side Corner Lamp F/R
* Yellow Fog Light Bulbs
* Continental Tyres
* Rear Mud Flap OEM
* Becker Indianapolis + Branded Amplifier
* OEM BMW e34 Side Mirror Tweeter Mounting (540i/M5 hifi system)
* 10 Speakers Sound System (Front Setup 3 ways, Rear Setup 2 ways)

Impian :
- Fully BBS mulai dari Eksterior, Wheels, Interior
- Fully Alpina mulai dari Engine Bay, Interior, Eksterior, Suspension System dan Wheels

Thanks to Allah SWT atas karunia dan rezekinya, Makasi untuk Pak Ansori (werke auto service) pelayanan memuaskan, harga terjangkau, hasil memuaskan.. udah kaya rumah kedua tiap hari main kesini. Dan thanks to Om Sensor yang udah bersedia nampung velg ane sehingga ane bisa lanjutin bangun mobil.
ini. 


kelar seharian kalibrasi Cluster Panel sekalian ganti2 bohlam kecil2 banget kaya cabe rawit di center console dan backlight speedo, skalian ganti lampu exterior yang putus2 dan bebersih speedo biar kliatan lebih bersih, semuanya DIY cuma ditemenin bini ane yang setia bikinin kopi dan banyak nanya wkwkwkw....






DOOR LIGHT, FRONT MAP LIGHT, REAR DOME LIGHT, REAR MAP LIGHT












No comments

adsterra

Powered by Blogger.