Adsalo

BMW E34 520i BBS (Bener Bener Susah) Part 2

Paint correction step 1


Window tinting process

- Side and rear using VKool
- Windshield using Vkool + Nexgard


Wet sanding process and repaint job DIY

BEFORE


AFTER REPAINT W/O POLISHING



Hanya sebagian parts lama yg terdokumentasi..


Nemu bekasan e34 yang dulu.. lumayan ga perlu belanja lagi. Old : yg retak


Penampakan terakhir...


Oke untuk hari ini berhubung ga ada aktifitas...
Saya mau coba main2 ke tukang knalpot, ga jauh2 dari rumah saya banyak tukang knalpot..

Nah kenapa kok tiba2 hari ni main knalpot? Setelah engine ok, braking system ok, fuel system, ac, interior, paint correction ala2, velg dan pernak pernik lampu beres, ada satu keluhan yang ane alamin.. yaitu setelan airflow susah dapet, asap bau pedas kadang2, hawa kabin bagian tengah agak2 hangat dan kadang2 baunya masuk kabin. Selain itu juga suaranya kurang garing, kedengeran ada kaya spooling kalau digeber dan rada nembak dikit (mobil turbo kaliii wkwkwk)

Setelah berputar2 ngelewatin beberapa bengkel knalpot di bilangan Limo bersama putra kedua ane yang suka bgt mobil2an.. ketemulah satu bengkel yang paling kecil, tapi spanduknya masih baru, bengkelnya juga bersih walaupun sempit.. spertinya masih baru.
Ane masuk bengkelnya, minta general checking exhaust system..
Dan kecurigaan saya bener adannya ganss!



Ya inilah dia para pelakornya.. BOLONG!

Mulai dari muffler, pipe ujung ke ujung semua bolong dan rembes.... apalagi kebetulan pas hujan waktu itu, so air pada masuk kedalam mufflernya. Bunyinya kaya orang gargling or deep throat yaa?? Yaa intinya gtu lah. Udah gtu mana tabungnya bukan spek M20B20 melainkan punya Capella 626.. hadeeeuh bener2 dah. Anyway.. speak about Capella. It was One of the best car i've ever driven... panelnya udah digital kaya knight rider, bantingannya ok, harganya juga gila2an murahnya. Mungkin sparepartsnya sih yg rada pricey.

Anywayyyssss....

Setelah tawar menawar... 300ribu!! DEAL! New Galvanis Muffler Custom, piping mulai dari depan, tengah , belakang dan ujung berikut jasa.... Cek kondisi muffler... berat, berbobot, finishing rapih, ga ada bunyi klotang2, senter dalemnya pake senter hp... Rapih!! Kok mirip2 cetakan bengkel knalpot di Haji Nawi yg cukup terkenal itu ya?? Quality checking tetep harus yah walaupun murah.. BANGEEETT!

Proses:


Setelah semua beres, start mesin... wow!

Suaranya garing, kering, kaleng bgt. Di kabin juga sunyi, asap pedas hilang dan justru airflow goyang2 lagi... well gapapa deh aji mumpung, pinjem konci2 bongkar airflow setel lean 1 putaran dan ALHAMDULILLAH... Idle dah stabil dan suara mesin dari knalpot terdengar lebih "clean and healthy"... pokoke Standar lah!

PUASSS!!!

Well sekian dulu updatenya... kalau FC belum ketauan bgt jadi lebih irit or boros. Yg pasti tarikan lebih enteng.. banget.. see yah..


Setelah kemaren urusan knalpot beres, setelan airflow saya taro di settingan boros. Kalau ditaro agak lean mobil berebet, RPM 2000 - 3000 ga mau naik dan mobil ndut2an padahal kan normalnya kita ganti gigi di RPM segitu. FC combination 1:5... terlalu boros menurut saya. Jujur ada beberapa hal yang mengganjal selama ini antara lain:

- Tarikan ok tapi masih tetep kurang ok menurut saya
- Mesin terlalu senyap (Nah loh!) Mesin M20 yang udah dipakai lama walaupun sehat seharusnya ada bunyi tik2 kaya mesin jahit. Kalau suara ini hilang berarti klep terlalu rapat bisa2 ledakan di ruang bakar terjadi sebelum klep tertutup rapat. Dan kalau terlalu berisik tarikan enak tapi ga nyaman di kabin kedengeran banget kali suaranya..
- Asap masih pedes
- RPM kalau ditahan 3000 terus kita lepas mesin akan drop ke 500RPM abis itu naik lagi ke 800RPM artinya mesin terlalu RICH
- Settingan Airflow ga pernah kena

So... saya pikir ini waktunya stel klep:

BUKA BUSI sekalian bersih2 dan ukur celah busi mumpung istri juga lagi masak nunggu sarapan kelar... wkwkwkwk


KELIATAN BUSI ADA BEBERAPA YANG NORMAL ADA BEBERAPA YANG RICH WAKTUNYA BEBERSIH SEKALIAN UKUR GAP


BUKA VALVE COVER


MESIN YANG UDAH HAMPIR 30 TAHUN BEKERJA DAN MASIH TETAP MAU DIBEJEK WALAUPUN DAH KAYA BGINI WARNANYA I'M PROUD OF YOU MY M20!


Tutup dulu..
Mau sarapan


Mulai adjustment.. untuk mempermudah, kita dongkrak dulu supaya bisa ngecrank mesin dengan cara putar roda belakang sambil masukin gigi 5, agar cam lobenya menghadap kebawah.. berhubung dongkrak bawaan udah berkarat ngeri, pinjem deh punya livina tetangga wkwkwkwk



Mulai adjustment mulai dari Firing Order 1 Dst... jarak saya kasi 0.20MM karna kondisi mesin agak hangat. Kalau berdasarkan Bentley Manual seharusnya 0.25mm atau 0.10inch dalam kondisi Cold. Bisa aja saya pakai 0.25mm kondisi warm engine tapi bakal berisik. Semakin besar gap semakin enak tarikan, tapi semakin berisik!





Disini saya baru ingat kalau knalpot baru diganti.. so Exhaust Valve saya kasi gap 0.20mm, Intake saya kasi 0.30mm... dan harus ngulang lagi semua wkwkwkwk...


Done!
Rakit lagi semua setelah final inspection.. pasang gasket baru


Setelah itu coba start... dan... Suara tik2 khas M20 keluar lagi, tapi ane langsung bongkar airflow, putar 2 klik ke arah Lean, coba gas... dan sempurna! Tinggal nyari FC aja. So far hasil yang didapat:

-Tenaga merata di setiap putaran
- Idle halus banget, suara knalpot sunyi banget kalau Idle. tapi kalau lagi narik.. kalah suara M50, suara doang yang kalah kwkwkwk
- Tarikan ga beda jauh sama sebelum di stel klep, tapi ingat! Kalau kemarin sebelum di stel klep, posisi airflow kan ada disettingan RICH! Which is Boros.. kalau sekarang bisa di kasi stelan AFM lean (Correct Ratio) yang seharusnya lebih hemat ya BBM
- Asap idle ga pedas lagi..




















































No comments

adsterra

Powered by Blogger.